Rabu, 10 Maret 2010

Definisi Umum Display & informasi–informasi yang dibutuhkan sebelum membuat display

Definisi Umum Display
Display merupakan alat peraga yang menyampaikan informasi kepada organ tubuh manusia dengan berbagai macam cara. Penyampaian informasi tersebut di dalam ”sistem manusia-mesin” merupakan suatu proses yang dinamis dari presentasi visual indera penglihatan. Proses tersebut akan sangat banyak dipengaruhi oleh design dari alat peraganya. Display berfungsi sebagai suatu ”sistem komunikasi” yang menghubungkan antara fasilitas kerja maupun mesin kepada manusia. Variabel yang bertindak sebagai mesin dalam hal ini adalah stasiun kerja dengan perantaraannya adalah alat peraga. Manusia disisi lain, berfungsi sebagai operator yang dapat diharapkan untuk melakukan suatu kegiatan yang diinginkan (Nurmianto, 1991).
Display merupakan bagian dari lingkungan yang perlu memberi informasi kepada pekerja agar tugas-tugasnya menjadi lancar. Arti informasi disini cukup luas, menyangkut semua rangsangan yang diterima oleh indera manusia baik langsung maupun tidak langsung. Contoh dari display diantaranya adalah jarum penunjuk speedometer, keadaan jalan raya yang memberikan informasi langsung ke mata, dan peta yang menggambarkan keadaan suatu kota. Jalan raya merupakan contoh dari display langsung, karena kondisi lingkungan jalan bisa langsung diterima oleh pengemudi. Jarum penunjuk speedometer merupakan contoh display tak langsung, karena kecepatan kendaraan diketahui secara tak langsung melalui jarum speedometer sebagai pemberi atau perantara informasi (Sutalaksana,1979).
Display dapat menyajikan informasi-informasi yang diperlukan manusia dalam melaksanakan pekerjaannya, karena itulah display harus dirancang dengan baik. Display yang baik merupakan display yang dapat menyampaikan informasi selengkap mungkin tanpa menimbulkan banyak kesalahan dari manusia sebagai penerima. Menurut Nurmianto (1991), informasi–informasi yang dibutuhkan sebelum membuat display, diantaranya adalah :
1.Tipe teknologi yang digunakan untuk menampilkan informasi.
2.Rentang total dari variabel mengenai informasi mana yang akan ditampilkan.
3.Ketepatan dan Sensitivitas maksimal yang dibutuhkan dalam pengiriman informasi.
4.Kecepatan total dari variabel yang dibutuhkan dalam pengiriman informasi.
5.Minimasi kesalahan dalam pembacaan display.
6.Jarak normal dan maksimal antara display dan pengguna display.
7.Lingkungan dimana display tersebut digunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar